NEWS UPDATE :  

Berita

Ekskul Sains Club SMP IT Al Khoiriyah luncurkan sabun cuci piring

Ekskul Sains Club SMP IT Al Khoiriyah luncurkan sabun cuci piring

April, 2023. Sebelumnya, Sains Lab telah menciptakan roket air yang sangat menarik. Kali ini, para civitas Sains Lab menciptakan sabun cair yang diluncurkan tepat dengan kegiatan pembinaan guru oleh Yayasan Dahlan Al Muymunah. Sabun cuci piring ini untuk pertama kalinya dibagikan kepada seluruh guru secara gratis. Pengurus mengemas sendiri sabun cair, kemudian diberi stiker logo dari ekskul Sains Lab.

“Untuk pertama kali, karena ini hari peluncuran, maka kami membagikan sabun cair secara gratis, namun untuk kedepannya, sabun cair ini akan resmi menjadi produk ekskul sains dan akan kami komersialkan,” ucap Juan, ketua Sains Lab 2023.

Cara membuat sabun cair ini membutkan berbagai bahan dan alat. Yang pertama ada formula surfaktan 1, yang kedua formula surfaktan 2, yang ketiga sodium hidroksida, yang keempat formula ekstra pakai bibit parfum pewarna, dan pengawet, yang kelima air panas 800 ML dan yang keenam garam dapur. Itu untuk bahan-bahannya.

Untuk alat-alat yang dibutuhkan yang pertama, sarung tangan. sarung tangan ini tuh harus dipakai dari awal sampai akhir pembuatan abun cuci piring supaya higienis jadi harus tetap dipakai. Lalu yang kedua ada gelas ukur atau wadah ukuran 11 liter. Nah yang ketiga gelas ukur atau wadah ukuran 1,5 liter yang keempat ember ukuran 15 liter yang kelima saringan atau penyaring yang ke-6 centong atau pengaduk non logam dan non pelitur yang ke-7 sendok plastik dan yang ke-8 botol.

Nah itu untuk alat-alat dan juga bahan-bahan yang harus dibutuhkan sekarang ke langkah-langkah pembuatan sabun cuci piring. Pembuatan sabun cuci piring ini terbagi menjadi 3 adonan, ada adonan a ada adonan B dan juga ada adonan C.

Untuk adonan a, larutan formula surfaktan satunya dengan 800 ML air pada wadah ukuran 1 liter, airnya harus air panas. Lalu setelah itu, aduk kurang lebih 10 menit kemudian Diamkan selama 30 menit. Nah itu untuk adonan a, sekarang ke adonan untuk adonan B larutkan sodium hidroksida dengan air dengan 1 liter air pada wadah ukuran 1,5 liter, dan yang ketiga yaitu adonan C untuk adonan C masukin formula surfaktan 2 ke dalam ember ukuran 15 L.

Bilas sisa formula surfaktan 2 yang masih ada di plastik sampai bersih dengan kurang lebih 100 ml air kemudian masukkan ke dalam adonan aduk sebentar secara perlahan setelah itu tambahkan kurang lebih 200 ml air. Lalu campurkan adonan B ke dalam A dan C aduk sampai homogen. Homogen itu maksudnya aduk sampai merata secara bertahap sampai akhir hingga busanya habis. setelah 30 menit aduk kembali adonan a sampai homogen masukkan adonan ke dalam adonan C aduk sampai homogen, masukkan formula extra ke dalam adonan c dan aduk sampai homogen. Setelah itu, masukkan air ke dalam adonan c dan aduk sampai homogen. Masukkan garam ke dalam adonan C secara bertahap sampai mendapatkan tingkat kekentalan yang diharapkan. Aduk sampai homogen, tutup rapat adonan C, diamkan sampai busanya menghilang, gunakan penyaring untuk mengemas sabun cuci piring ke dalam botol atau jerigen dan sabun pun siap untuk digunakan. Nah itu itu adalah proses pembuatan sabun cuci piring. semoga bermanfaat untuk semuanya.

Berita

SMPIT Al Khoiriyyah adakan Muhasabah Ramadhan

Review English Mading Competition

Mading Competition Batch#2 dan #3

Wawasan

Sejarah Hari Bahasa Ibu

Asal Mula Shalat

Doa Memohon Ampunan dan Rahmat

Mau didoakan sama semua makhkuk?

Tentang ASEAN

Kontak
Alamat :

Jl. A. Yani Timur No 403 Karangpawitan

Telepon :

02622244805

Email :

smpitalkhoiriyyahofficial@gmail.com

Website :

smpitalkhoiriyyah.sdh.id

Media Sosial :
Infografis
Kalender

April 2024

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30
Cari
Follow us on Facebook
https://www.facebook.com/smpit.alkhoiriyyah.3?mibextid=ZbWKwL